Tuesday, March 3, 2020

PAC IPPNU Solokanjeruk Ajak Mahasiswi Sadar Lingkungan


       Dimulai Pada Hari Selasa 3 Maret 2020, Bertempat di Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung kecamatan Gedebage kota Bandung  dan di Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikam Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung.
PAC IPPNU Solokanjeruk menggelar kampanye lingkungan hidup yang akan digelar di dua titik yaitu di Kecamatan Gedebage dan Solokanjeruk yang merupakan instansi pendidikan dan lembaga pendidikan, diantaranya dengan di awali di Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Kec.Gedebage dan di Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikam Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung.
Kampanye lingkungan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Lahir (Harlah) IPPNU ke-65 dan juga Konferensi Wilayah (Konferwil) IPPNU Jawa Barat ke-18. Dengan mengusung tema Gerakan Milenial Wujudkan Zero Waste Life Style (Gaya Hidup Tanpa Limbah, kurangi plastik ).
Pada kampanye peduli lingkungan tersebut, IPPNU Solokanjeruk khususnya dikecamatan Solokanjeruk  akan mencoba mensosialisasikan kesadaran terhadap lingkungan, dengan mengurangi sampah limbah plastik yang akan berakibat buruk bagi lingkungan dan sulit untuk didaur ulang sehingga menimbulkan wabah penyakit  dan juga menyebabkan banjir" Ujar ketua PAC Solokanjeruk Wilda Nursolihat.

Disamping itu, program ini dilakukan agar adanya kesadaran lebih dari para pelajar akan lingkungannya, apalagi di kabupaten Bandung terutama di Kecamatan Solokanjeruk. Banyak problematika saat ini diantaranya kurang akan kesadaran dari para pelajar dan masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar dari bahaya buang sampah sembarangan terutama plastik yang sulit untuk di daur ulang yang berdampak pada bencana banjir, penyumbatan drainase, mengganggu rantai makanan, pencemaran air tanah, mencemari tanah, menyebabkan polusi udara, membunuh hewan yag dilindungi, beracun, biaya penanggulangan mahal, penurunan wisata  dan juga jika tidak di kelola dengan serius pencemaran sampah jenis ini akan sangat berbahaya bagi kelanjutan planet bumi.

Menurut Ketua Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikam Bapak Engkus Kusdiar S.E. dalam program pelaksaan Campaign Zero Waste Lifestyle dengan mengurangi sampah plastik yang dilaksanakan oleh IPPNU Solokanjeruk menanggapi  dengan sangat baik, bijak juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada IPPNU Solokanjeruk yang telah menyelenggarakan program ini. Berkat diadakan sosialisasi tersebut para pelajar Diniah Darul Hikam mendapatkan wawasan baru juga pelajaran serta harapannya anak-anak dapat peduli terhadap lingkungan terutama membuang sampah pada tempatnya, kemudian bisa mengurangi sampah plastik, memanfaatkan limbah plastik dengan cara mendaur ulang menjadi barang yang bermanfaat seprti hal nya pembuatan tikar, dompet dan lain sebagainya dari bungkus plastik kopi.

Penulis
Tiana Sintiani

No comments:

Post a Comment